Konsep Pemikiran Pembaharuan Muhammad Abduh dan Relevansinya dalam Manajemen Pendidikan Islam Di Era Kontemporer (Kajian Filosofis Historis)

https://doi.org/10.54396/alfahim.v1i1.53

Authors

  • Rz. Ricky Satria Wiranata STAI Terpadu Yogyakarta

Keywords:

Pembaharuan, Pendidikan Islam, Manajemen

Abstract

Gagasan Pembaharuan adalah keniscyaan bahwa dunia selalu berubah-ubah dari masa kemasa tidak terkecuali Manajemen Pendidikan Islam. Manajemen yang baik akan menghantarkan Lembaga Pendidikan Islam yang berkualitas, Lembaga Pendidikan Islam yang berkualitas akan menghasilkan siswa yang sempurna. Siswa yang sempurna adalah mereka yang memiliki akal yang maju dan aqidah yang kuat. Menurut Abduh, Lembaga Pendidikan Islam harus memiliki menajamen yang dapat menjembatani dua produk budaya besar di dunia yaitu Islam dan Barat. Penelitian ini penting karena mencoba merekontruksi pemikiran Muhammad Abduh tentang pokok-pokok pembaharuan dan relevansinya dengan Manajemen Pendidikan Islam, kemudian dianalisis kritis melalui pendekatan filosofis historis untuk mengetahui sejauh mana pemikiran Muhammad Abduh membekas di era Kontemporer dalam konteks Manajemen Pendidikan Islam.

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2019-03-11

How to Cite

Rz. Ricky Satria Wiranata. (2019). Konsep Pemikiran Pembaharuan Muhammad Abduh dan Relevansinya dalam Manajemen Pendidikan Islam Di Era Kontemporer (Kajian Filosofis Historis). Al-Fahim : Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 1(1), 113-133. https://doi.org/10.54396/alfahim.v1i1.53