Orientasi Dasar Islam

Orientasi Dienul Islam (ODI) yang diselenggarakan pada Senin – Selasa,  25-26 September 2017 dan bertempat di Wisma Gajah Mada Kaliurang yang mengambil tema “1001 Budaya Indonesia”. Alasan panitia mengambil tema ini karena kebudayaan di Indonesia banyak dan bertujuan para peserta ODI dapat lebih mengenal budaya-budaya yang ada di Indonesia, agar bisa melestarikan budaya yang ada di Indonesia. Disamping itu, bertujuan untuk menanamkan nilai-nilai positif kepada peserta yaitu, walaupun sangat banyak budaya yang ada di Indonesia masyarakatnya tetap rukun dan saling menghargai. Sifat rukun dan saling menghargai  juga diperintahkan di agama islam, sehingga dengan mengangkat tema ini dapat tersinkronkan pemahaman antara saling menghargai / toleransi karena banyaknya budaya di Indonesia dengan ajaran agama Islam.

Seluruh peserta ODI beserta panitia berkumpul di STAIT pada hari senin 25 September 2017 pukul 07.00 tepat. Setelah pengecekan perlengkapan kemudian seluruh peserta dan panitia berangkat menuju wisma gajah mada kaliurang menggunakan 2 armada bus. Setibanya dilokasi peserta langsung apel pembukaan dengan dipimpin oleh panitia bagian acara. Pembukaan (dibuka oleh Bapak Danang Dwi Prasetyo M.Pd selaku ketua STAIT) dengan meyampaikan bahwa urgensi diadakannya ODI dan memberikan ucapan selamat kepada mahasiswa baru yang telah menjadi keluarga besar STAIT. Beliau membacakan visi dan misi STAIT, juga memberikan motivasi kepada mahasiswa untuk giat dalam menuntut ilmu agar bisa meneruskan dakwah Rasulullah S.A.W.

Panitia mengecek atribut yang wajib dibawa/ digunakan oleh peserta ODI. Jika ada peserta yang tidak memakai/ membawa atribut lengkap maka akan mendapatkan hukuman oleh panitia, hukuman ini hanya formalitas saja dan bukan hukuman fisik, hukuman ini diterapkan untuk melatih kedisiplinan peserta ODI. Kemudian dilanjutian dengan pembagian kamar dengan tidak berdasarkan satu kelas/ mengacak, ini bertujuan agar antar kelas dapat mengenal lebih jauh tentang pribadi masing-masing mahasiswa.

Pada sesi selanjutnya tim ODI membuat permainan yang diselingi dengan materi yang tujuannya untuk mengenalkan lebih dekat teman-teman yang ada di kampus STAIT. Di sesi ini, tim ODI juga memberikan teka-teki untuk dipecahkan oleh peserta ODI. Peserta ODI, tim ODI, maupun panitia ODI melaksanakan sholat dzuhur berjamaah dan dilanjutkan dengan makan siang bersama. Acara berlanjut sampai dengan peserta, tim, dan panitia ODI melaksanakan sholat maghrib berjamaah, kemudian dilanjutkan dengan small group yaitu membaca al-qur’an yang di damping oleh panitia. Setelah small group peserta ODI beserta panitia makan malam bersama. Dan setelah selesai makan dilanjutkan dengan melaksanakan sholat isya berjamaah.

Pentas seni dan api unggun dengan rangkaian pentas seni yang ditampilkan oleh per kelompok menambah keceriaan ODI kali ini, penampilan dari masing-masing kelompok melengkapi acara api unggun ini dan acara pun tidak berhenti sampai disitu karena masih berlanjut dengan kegiatan santai yang lebih personal integrative. Kegiatan ini bertujuan untuk mengenalkan antar mahasiswa, baik mahasiswa lama maupun mahasiswa baru. Dalam kegiatan ini juga mengenalkan organisasi yang ada di kampus STAIT, pengurus organisasi, dan kegiatan organisasi tersebut. Dalam kegiatan ini juga bersifat santai.

Setelah acara makrab selesai, yaitu sekitar pukul 22.00, peserta ODI dipersilahkan untuk beristirahat/tidur agar tenaga tetap fit untuk mengikuti kegiatan di esok hari. Peserta ODI istirahat/tidur di kamar yang telah dibagi oleh panitia. Seluruh peserta, panitia, dan tim ODI melaksanakan sholat shubuh berjamaah. Setelah sholat shubuh kegiatan selanjutnya adalah senam pagi yang dipimpin oleh panitia, senam pagi ini bertujuan untuk merilekskan otot-otot sebelum para peserta ODI mengikuti outbound dan kegiatan lainnya. Rangkaian acara pagi hari dilanjutkan dengan outbound dimana pada kegiatan ini panitia yang bekerjasama dengan tim ODI menyiapkan beberapa permainan dan lomba. Terdapat permainan pecah balon, estafet tepung, estafet air, sedot tisu, pindah kertas, dan bantengan. Semua permainan itu sangat bermakna karena disamping bertujuan untuk lebih mengakrabkan antar mahasiswa, kekompakkan antar kelompok, juga membutuhkan taktik-taktik agar bisa cepat menyelesaikan permainan tersebut dengan hasil yang memuaskan.

Para peserta ODI dan juga panitia membersihkan diri agar segar kembali dan siap untuk mengikuti kegiatan selanjutnya. Peserta, panitia dan tim ODI melakukan sarapan pagi bersama-sama. Masuk pada sesi terakhir oleh Tim ODI dengan kesimpulan seluruh kegiatan dan acara dilanjutkan dengan Penutupan dan pembagian hadiah. Acara pembagian hadiah kepada peserta ODI atas permainan dan lomba yang telah dilaksanakan beserta pemberian penghargaan kepada peserta ODI dengan kategori “paling”. Setelah pembagian hadiah, ODI STAIT 2017 di Wisma Gajah Mada Kaliurang resmi ditutup oleh Bapak Denas Hasman Nugraha M.E.K selaku perwakilan dari Bapak Danang Dwi Prasetyo M.Pd.

Tidak lupa sebelum perjalanan pulang peserta, panitia, dan tim ODI makan siang bersama. Peserta dan panitia ODI melakukan perjalanan pulang kembali ke kampus STAIT menggunakan 2 armada bus BIAS.