STAIT Yogyakarta dan 10 PTKIS di Yogyakarta Adakan Seminar Nasional Kolaboratif

Seminar Nasional Ekonomi Islam Kolaboratif PTKIS Yogyakrata adalah momentum awal yang ditujukan untuk membangkitkan ekonomi syariah kelas dunia. Seminar ini diselenggarakan oleh 10 Perguruan Tinggi Islam Swasta seperti UMY, UAD, UII, IIQ, STAIT, STAIMS, STAITYO, STEIYO, STAI Hamfara, Alma Ata, dan STEBI. STAIT Yogyakarta pun turut andil dalam kepanitiaan dengan dilibatkannya Bapak Rz. Ricky Satria Wiranata, M.Pd, Ardhitya Furqon W, M.Pd dan Denas Hasman Nugraha, M.E.K sebagai bagian dari penyelenggara.

Acara ini diawali dengan Seminar Call Paper di Institute Ilmu Al Quran An Nur pada tanggal 19 Desember 2019. Sebanyak 15 presenter dari berbagai instansi dari seluruh penjuru indonesia. Dalam sambutan yang disampaikan oleh dosen STAIT Yogyakarta sekaligus wakil ketua panitia yaitu Bapak Rz. Ricky Satria Wiranata, M.Pd, acara ini bertujuan untuk menguatkan sistem kolaborasi antar perguruan tinggi guna mewujudkan indonesia sebagai pusat ekonomi islam.

Acara dilanjutkan dengan Seminar Nasional pada tanggal 19 Desember 2019 yang berlangsung pada pukul 08.00-13.00wib di Gedung Otoritas Jasa Keuangan (OJK).
Mengusung tema “Strategi Pengembangan Ekonomi Islam Untuk Mewujudkan Indonesia Menjadi Pusat Ekonomi Syari’ah Dunia”, acara ini disponsori oleh 12 perguruan tinggi keagamaan islam swasta, Bank Mandiri Syariah, OJK dan Bank Indonesia.
Bertindak sebagai pembicara seminar nasional diantaranya Bapak Junaidi Mulyono, S.H selaku inisiator nasional desa kreatif, Bapak Drs. KH. Heri Kuswanto, M.Si selaku inisiator ekonomi pesantren dan Rektor IIQ An Nur dan Ibu Siti Murtiani, SE, MSI, Akt. Ph.D selaku dosen dan penggiat desa binaan. Kegiatan seminar tersebut dimoderatori oleh Bapak Windu Baskoro.

Acara seminar berlangsung dengan lancar dan meriah. Seluruh peserta sangat antusias mengikuti rangkaian acara hingga berpartisipasi dalam sesi tanya jawab. Kegiatan pun ditutup dengan penyerahan cenderamata dan penandatanganan MOA PTKIS serta pengumuman Paper Terbaik.