Meningkatkan Literasi Mahasiswa: Forum “User Education” di Perpustakaan STAI Terpadu Yogyakarta Tahun 2023

Yogyakarta, 6 Oktober 2023 – UPT Perpustakaan STAI Terpadu Yogyakarta kembali menggelar forum “User Education” Perpustakaan dengan tujuan utama meningkatkan literasi informasi mahasiswa. Kegiatan ini merupakan agenda tahunan yang khusus diselenggarakan untuk mahasiswa baru STAI Terpadu Yogyakarta.

Forum ini dilaksanakan di Masjid Cordova STAI Terpadu Yogyakarta dan bertujuan untuk membantu mahasiswa memahami dan memaksimalkan pemanfaatan koleksi serta layanan yang disediakan oleh Perpustakaan STAI Terpadu Yogyakarta. Selain itu, dalam upaya memperluas akses sumber informasi, melalui kerjasama dengan Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah Daerah Istimewa Yogyakarta memungkinkan mahasiswa STAI Terpadu Yogyakarta menjadi anggota Perpustakaan Grhatama Pustaka melalui aplikasi “Si Yokca” dan Anggota “Jogja Library for All”. Pendaftaran anggota dipandu oleh Staff Perpustakaan STAI Terpadu Yogyakarta dan diikuti oleh peserta forum.

Para peserta forum juga diperkenalkan pada aplikasi referensi seperti I-Pusnas, yang merupakan fasilitas dari Perpustakaan Nasional Republik Indonesia agar mahasiswa dapat menambah wawasan dan referensi mereka. Para mahasiswa menunjukkan antusiasme yang tinggi dengan mengikuti materi dan praktik yang dijelaskan dari awal hingga akhir acara.

Tujuan utama dari kegiatan ini adalah untuk memotivasi mahasiswa STAI Terpadu Yogyakarta untuk meningkatkan budaya membaca dan aktif mengeksplorasi sumber-sumber referensi terpercaya dengan mudah sehingga mendukung proses perkuliahan mereka. Dengan peningkatan literasi informasi, diharapkan mahasiswa akan mampu mengembangkan keterampilan penelitian yang lebih baik dan menghasilkan karya ilmiah yang berkualitas.

Forum “User Education” Perpustakaan adalah salah satu langkah strategis dalam menguatkan posisi STAI Terpadu Yogyakarta sebagai lembaga pendidikan yang tidak hanya menekankan pada aspek akademik, tetapi juga memperhatikan pengembangan intelektual dan literasi informasi mahasiswa.