Wisata Edukatif Mahasiswa Prodi MPI STAI Terpadu Yogyakarta ke Balai Layanan Perputakaan Unit Grhatama Pustaka Yogyakarta

Yogyakarta, 28 Desember 2023 – Mahasiswa Manajemen Pendidikan Islam, Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Terpadu Yogyakarta telah melakukan kunjungan ke Balai Layanan Perpustakaan, Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah (DPAD) Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY). Kunjungan dilaksanakan pada hari Kamis, 28 Desember 2023. Kegiatan ini didampingi oleh Ibu Hanifah Noviandari, M.Pd, selaku Dosen Pengampu Mata Kuliah Manajemen Perpustakaan serta Ibu Diana Ratna Trisnawati, S.Pd selaku Kepala Perpustakaan STAI Terpadu Yogyakarta. Kegiatan ini diikuti oleh 14 mahasiswa prodi Manajemen Pendidikan Islam semester 3. Kunjungan wisata edukatif ini dilakukan dalam rangka menambah dan memperluas pemahaman mahasiswa secara langsung tentang mata kuliah Manajemen Perpustakaan dalam hal pengelolaan dan pelayanan perpustakaan. Kegiatan ini sebagai tindak lanjut adanya Kerjasama antara STAI Terpadu Yogyakarta dengan Pemerintah Daerah Daerah Istimewa Yogyakarta. Acara diawali dengan sesi foto bersama di depan Gedung Grhatama, Balai Layanan Perpustakaan, Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah Istimewa Yogyakarta.

Acara kunjungan dimulai dengan penerimaan Mahasiswa di Ruang Audiovisual Grhatama Pustaka yang dipandu oleh kak Isna dan kak Gigih. Serangkaian acara dimulai dengan pembukaan, sambutan oleh Dosen Pendamping, Ibu Hanifah Noviandari, M.Pd. Beliau menyampaikan ucapan terimakasih kepada Balai Layanan Perpustakaan, DPAD DIY, yang telah bersedia menerima kunjungan dan berharap melalui kunjungan tersebut mahasiswa memiliki wawasan yang lebih luas mengenai pengelolaan dan pelayanan perpustakaan. Sambutan selanjutnya oleh Ibu Wiwik Tarmini, S.IP selaku Kepala Seksi Layanan Perpustakaan Ekstensi. Beliau menyampaikan terimakasih telah berkunjung ke Balai Layanan Perpustakaan serta menjelaskan bahwa Balai Layanan Perpustakaan merupakan Unit Pelaksana Teknis dari Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah yang fokus pada Pelayanan Pemustaka. Beliau memaparkan beberapa layanan yang ada di Grhatama Pustaka dari lantai 1 sampai 3. Selain itu, juga menjelaskan secara singkat tentang Unit Jogja Library Center (JLC) di daerah Malioboro dan Unit Rumah Belajar Modern (RBM) di Sewon.

Gambar 1. Pembukaan & Sambutan dari Balai Layanan Perpustakaan DPAD DIY

Acara dilanjutkan dengan melihat tayangan seputar Balai Layanan Perpustakaan Grhatama Pustaka, Unit Jogja Library Center, dan Unit Rumah Belajar Modern. Dilanjutkan dengan tanya jawab dari mahasiswa yang cukup antusias dan dijawab oleh Ibu Wiwik Tarmini, S.IP.

Gambar 2. Diskusi Seputar Perpustakaan Balai Layanan Pustaka DPAD DIY, Jogja Library Center, dan Rumah Belajar Modern

Setelah rangkaian acara penerimaan selesai, dilanjutkan dengan tour ke beberapa Layanan yang ada di lantai 2 dan 3. Kak Isna dan Kak Gigih selaku pemandu, mengajak mahasiswa berkunjung ke Layanan Koleksi Referensi Umum, kemudian dilanjutkan ke Layanan Koleksi Langka, kamus, dan ensiklopedia. Terakhir, yaitu kunjungan ke Layanan Koleksi Braile, dimana mahasiswa mencoba menulis huruf Braile menggunakan alat bantu. Ketika memasuki ketiga ruangan Layanan, Kak Isna dibantu penjaga memaparkan koleksi yang ada di dalamnya, keaktifan mahasiswa dalam merespon penjelasan menambah keseruan tour edukatif yang sedang berlangsung.

Gambar 3. Mahasiswa mendengarkan pemaparan dari pemandu Balai Layanan Pustaka DPAD DIY

Kunjungan dilanjutkan ke bagian pengelolaan bahan Pustaka yang ada di Gedung DPAD DIY lantai 3 dan dibersamai oleh Ibu Wiwik Tri. Mahasiswa mendengarkan penjelasan pemaparan tim dari Bu Wiwik dalam pengelolaan bahan Pustaka, mulai dari verifikasi, inventarisasi, katalog, labeling, input, dan sinkronisasi barcode. Antusiasme mahasiswa terlihat dari adanya sesi tanya jawab cukup panjang.

Gambar 4. Mahasiswa mendengarkan pemaparan dari tim Pengelolaan Bahan Pustaka DPAD DIY

Diharapkan kunjungan ini dapat memberikan manfaat yang berharga bagi mahasiswa dalam melengkapi pengetahuan dan pemahaman mereka tentang perpustakaan. Selain itu, diharapkan pula bahwa kunjungan ini dapat memotivasi mahasiswa untuk berperan aktif dalam literasi dan pengelolaan bahan Pustaka.