STAI Terpadu Yogyakarta Awali Kuliah Semester Genap TA 2023/2024 dengan Kuliah Umum

Sekolah Tinggi Agama Islam Terpadu Yogyakarta (STAI Terpadu Yogyakarta) menyelenggarakan Kuliah Umum secara daring dengan tema “Peningkatan Softskill Sumber Daya Manusia dalam Mensukseskan Sustainable Development Goals” pada Sabtu, 24 Februari 2024. Acara ini dihadiri oleh para dosen dan mahasiswa program untuk Mahasiswa Program Studi Manajemen Pendidikan Islam dan Manajemen Dakwah Semester Genap 2023/2024, dengan jumlah peserta sebanyak 130 mahasiswa yang hadir.

Kuliah Umum ini bertujuan untuk memberikan gambaran konkret tentang peran mahasiswa sebagai generasi penerus bangsa yang dimaksud dengan menyiapkan dan meningkatkan kualitas sumber daya manusia yang mampu mengelola kekayaan di muka bumi dengan bekal keilmuan yang komprehensif dan mendalam. Acara ini dimulai dengan bacaan Al-Qur’an oleh Ro’fa El Hamim salah satu mahasiswa dari Prodi MPI, kemudian dilanjutkan sambutan hangat dari Ketua STAI Terpadu Yogyakarta, Syarif Hidayat, M.Pd., M.S.I. Beliau menggarisbawahi pentingnya mahasiswa untuk mencari ilmu dari berbagai sumber baik itu dosen internal, dosen eksternal maupun literatrur. Disamping itu beliau juga memaparkan agar mahasiswa memanfaatkan ilmu yang telah diperoleh dengan baik dan benar agar bisa memberikan dampak kebaikan bagi umat.

Acara selanjutnya yaitu materi inti kuliah umum yang dimoderatori oleh dosen STAI Terpadu Yogyakarta, Ibu Endah Tri Wahyuningsih, M. Pd. Materi pertama dari narasumber Bapak Dr. Kharis Syuhud Mujahada, M. Pd, selaku dosen STAI Terpadu Yogyakarta, yang membahas tentang Membangun Kepemimpinan yang Berpengaruh: Transformasi Organisasi melalui Manajemen SDM yang Efektif. Dilanjutkan pemaparan materi kedua oleh Ibu Siti Murtiyani, SE.,Akt.,M.Si., Ph.D, yang mana beliau merupakan dosen STEI Hamfara Yogyakarta sekaligus Pengurus Forkom PTKIS Kopertais Wilayah III Daerah Istimewa Yogyakarta. Beliau membahas mengenai Strategi Inovatif dalam Manajemen Sumber Daya Manusia: Membangun Tim yang Produktif dan Berkelanjutan.

Mahasiswa STAI Terpadu Yogyakarta menunjukkan tingkat antusiasme dalam mengikuti kuliah tamu ini karena adanya diskusi yang hidup dan bermanfaat serta pertanyaan-pertanyaan yang menghasilkan tanggapan yang bernilai akademis. Kehadiran kuliah tamu ini memberikan manfaat berupa berbagi pengetahuan secara teoritis maupun praktis yang mendalam, yang secara positif memperkaya pemahaman mahasiswa dalam bidang keilmuan yang mereka geluti. Semoga manfaat dari kuliah tamu ini membawa berkah dalam pengembangan keilmuan bagi para civitas akademika khususnya bagi mahasiswa. Aamin.