Yogyakarta, 24 Juni 2024 – Sekolah Tinggi Agama Islam Terpadu (STAIT) Yogyakarta kembali menunjukkan komitmennya dalam mencetak generasi penerus yang unggul dan berdaya saing tinggi melalui kegiatan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) serentak di tiga kantor Kementerian Agama di Yogyakarta. Acara ini berlangsung dengan sukses, diikuti oleh 23 mahasiswa dari Program Studi Manajemen Pendidikan Islam dan Manajemen Dakwah.

Kegiatan penerjunan ini melibatkan tiga lokasi utama, yaitu Kementerian Agama Wilayah Yogyakarta, Kementerian Agama Kota Yogyakarta, dan Kementerian Agama Kabupaten Bantul. Setiap lokasi penerjunan mahasiswa mendapatkan pendampingan langsung dari pihak STAIT dan disambut hangat oleh perwakilan masing-masing Kementerian Agama.

Penerjunan Mahasiswa di Kementerian Agama Wilayah Yogyakarta

Di Kementerian Agama Wilayah Yogyakarta, kegiatan penerjunan dipimpin langsung oleh Ketua STAIT Yogyakarta, Bapak Syarif Hidayat, M.Pd., M.S.I. Kedatangan beliau beserta para mahasiswa disambut dengan baik oleh Kepala Bagian Tata Usaha Kementerian Agama Wilayah Yogyakarta, Bapak H. Muntholib, S.Ag., M.S.I.

Pada kesempatan ini, Bapak Syarif Hidayat menyerahkan souvenir akademik yang merupakan karya dosen STAIT Yogyakarta kepada Bapak H. Muntholib. Penyerahan souvenir ini bukan hanya simbol penghargaan, tetapi juga sebagai bentuk apresiasi atas kerja sama yang terjalin antara STAIT Yogyakarta dengan Kementerian Agama Wilayah Yogyakarta.

Penerjunan Mahasiswa di Kementerian Agama Kota Yogyakarta

Di lokasi kedua, yaitu Kementerian Agama Kota Yogyakarta, kegiatan penerjunan mahasiswa didampingi oleh Ibu Diningrum Citraningsih (Kaprodi MPI) dan Wakil Ketua III Bidang Kemahasiswaan, Bapak Zainal Abidin, M.Pd., M.H. Kehadiran mereka disambut langsung oleh Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Yogyakarta, Bapak H. Nadhif, S.Ag., M.S.I., beserta jajarannya.

Kegiatan ini berlangsung lancar dan penuh keakraban. Mahasiswa yang diterjunkan di Kementerian Agama Kota Yogyakarta diharapkan dapat mengaplikasikan ilmu yang telah didapatkan selama perkuliahan dan berkontribusi nyata dalam berbagai kegiatan yang ada di kantor tersebut.

Penerjunan Mahasiswa di Kementerian Agama Kabupaten Bantul

Lokasi ketiga adalah Kementerian Agama Kabupaten Bantul. Kegiatan penerjunan di lokasi ini diwakili oleh Ibu Dr. Rubini, M.Pd.I, didampingi oleh Ibu Endah Triwahyuningsih, M.Pd (Kaprodi MD). Mereka disambut dengan antusias oleh Ibu Liana beserta jajarannya dari Kementerian Agama Kabupaten Bantul.

Dalam sambutannya, Ibu Dr. Rubini menyampaikan harapannya agar para mahasiswa dapat memanfaatkan kesempatan ini untuk belajar dan beradaptasi dengan lingkungan kerja yang sesungguhnya. Beliau juga berharap agar kerjasama antara STAIT Yogyakarta dan Kementerian Agama Kabupaten Bantul dapat terus terjalin dengan baik di masa depan.

Membangun Silaturahmi dan Sinergi Antar Perguruan Tinggi

Selain sebagai sarana untuk menerapkan ilmu yang telah dipelajari, kegiatan PPL ini juga menjadi ajang silaturahmi dan membangun kedekatan antar perguruan tinggi dari berbagai kota. Mahasiswa STAIT Yogyakarta akan berbaur dengan mahasiswa dari berbagai kampus lain, sehingga tercipta lingkungan belajar yang dinamis dan kolaboratif.

Kegiatan pelepasan ini berjalan dengan lancar dan penuh khidmat. Mahasiswa STAIT Yogyakarta merasa antusias dan siap untuk menjalani masa PPL ini dengan semangat yang tinggi. Mereka berharap dapat memberikan kontribusi yang nyata dan membawa nama baik STAIT Yogyakarta di lingkungan kerja masing-masing.

Ketua STAIT Yogyakarta, Bapak Syarif Hidayat, menyampaikan rasa bangganya terhadap para mahasiswa yang akan melaksanakan PPL ini. Beliau berharap agar para mahasiswa dapat menjaga nama baik almamater dan menjadikan pengalaman ini sebagai bekal berharga dalam menghadapi dunia kerja yang sesungguhnya.

Kegiatan PPL serentak ini merupakan salah satu upaya nyata STAIT Yogyakarta dalam meningkatkan kualitas pendidikan dan memperluas jaringan kerjasama dengan berbagai instansi. Diharapkan melalui kegiatan ini, mahasiswa dapat memperoleh pengalaman berharga yang akan menunjang karir mereka di masa depan.

Sekolah Tinggi Agama Islam Terpadu Yogyakarta akan terus berkomitmen dalam mencetak generasi yang tidak hanya unggul dalam bidang akademik, tetapi juga memiliki integritas dan keterampilan yang mumpuni untuk menghadapi berbagai tantangan di masa yang akan datang. Kegiatan seperti ini akan terus digalakkan untuk memberikan pengalaman langsung kepada mahasiswa dan memperkuat hubungan antara dunia akademik dan dunia kerja.

Dengan demikian, pelepasan mahasiswa PPL serentak di tiga Kementerian Agama di Yogyakarta ini menjadi langkah strategis dalam membentuk lulusan yang kompeten, berintegritas, dan siap berkontribusi bagi bangsa dan negara. Semoga kegiatan ini memberikan manfaat yang sebesar-besarnya bagi seluruh pihak yang terlibat. Berikut alur penerjunan PPL di kementerian gama Yogyakarta.

Alur Pelepasan PPL di Kementerian Agama Yogyakarta